Tips & Info

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Loading...

Mulut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang sangat sibuk aktivitasnya sehari-hari. DalamĀ 24 jam tidak kurang dari delapan jam, seseorang menggunakan mulut untuk mengunyah makanan. Dan untuk berkomunikasi seseorang bisa menghabiskan antara 12 jam sampai 15 jam, tentu saja ukuran ini untuk orang-orang yang memiliki profesi yang berhubungan erat dengan komunikasi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Dari fakta ini kita dapat menyimpulkan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan kebersihan. Karena dengan menjaga kebersihan mulut akan membuat nafas menjadi selalu segar. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, tentu saja, akan membuat Anda merasa kurang percaya diri ketika harus berinteraksi langsung dengan pembicara.

Penyebab Bau Mulut
– Kurangnya air minum
– Tidak menyikat gigi
– Karang Gigi
– Minum kopi
– Mengkonsumsi makanan yang mengandung bau khas dan melekat, seperti jengkol, pisang, nangka, durian dan sejenisnya
– Merokok
– Alkohol

Cara Mengatasi Bau Mulut
Beberapa penyebab bau mulut yang disebutkan di atas dapat dihindari untuk mengurangi bau di mulut. Jika Anda ingin secara optimal mengatasi bau mulut dapat menggunakan cara di bawah ini :

-Usahakan untuk mencuci mulut setelah setiap menyikat gigi. Mencuci mulut bermanfaat untuk meningkatkan proses pembersihan antara gigi dan rongga mulut dari sisa makanan. Pilih jenis mencuci mulut yang tidak mengandung alkohol, sehingga mulut terasa kering. Karena air liur sangat diperlukan untuk mulut kita, dan salah satu fungsi air liur adalah untuk mengurangi bau nafas tak sedap.

-Berkumur menggunakan air lemon hangat juga bisa menjadi alternatif alami yang sangat berguna untuk mengusir bau mulut tak sedap. Jeruk nipis yang telah dicampur dengan air hangat juga bisa digunakan sebagai pengganti cuci mulut.

-Menjalani pemeriksaan gigi rutin, sehingga menghindari penumpukan plak atau karang gigi. Terutama jika Anda adalah seorang yang sangat sering mengkonsumsi kopi dan merokok, plak pada gigi akan lebih mudah terbentuk. Salah satu penyebab bau mulut yang paling sering dialami oleh banyak orang adalah karena penumpukan karang gigi. Jika karang gigi sudah menumpuk maka sebaiknya membersihkannya pada doktek gigi.

-Usahakan untuk selalu menyikat gigi pada saat sebelum tidur dan juga pada sat bangun tidur hal ini akan membuat nafas menjadi lebih segar, Anda juga dapat mengonsumsi buah – buahan dan sayuran yang baik untuk menjaga sistem pencernaan, karena pencernaan yang baik juga mempengaruhi kualitas bau mulut.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *